Thursday, March 1, 2018

KEUNIKAN KAIN TENUN ASLI TORAJA

TANNUN SA'DAN

Gambar : Kain Tenun Paruki'

Salam sejahtera bagi kita semua.

sesuai dengan judul dan Sub judulnya kali ini saya akan menulis sedikit tentang tannun toraja,  jadi apa yang ,menjadi motivasi saya sehingga tertarik dengan pembahasan ini. pertama bahwa 3 tahun terakhir ini tenun tidak lagi menjadi pilihan orang karena persaingan oleh kain-kain dari luar toraja, selain harga yang murah, kain dari luar toraja banyak menyontek motif dari tenun asli toraja. jadi kebanyakan orang berfikir " La'biran bang motu kain je****ra, sama bangsia na marawa duka ( Mending Kain Je****ra selain motif yang sama harganya juga murah)". hal ini yang menyebabkan nilai jual kain tenun Toraja Sedikit agak menurun.

Saya akan memulai dari Kelompok Binaan yang saya dampingi, nama kelompoknya " Sikamali' Pamiring ", kelompok yang terdiri dari 10 orang ibu rumah tangga ini adalah penghasil tenun  dari Sa'dan Tiroaallo  (Banula'). kelompok ini terbentuk tahun 2013 dan merupakan kelompok binaan dari Koperasi Credit Union Sauan Sibarrung.
Anggota Kelompok Sikamali Pamiring


oleh karena itu mari kita lihat keunikan dan jenis dari Tannun Asli Toraja, sehingga Tenun dapat kembali diminati oleh masyarakat. 
  1. jenis-jenis kain Tenun
    • Pa'borong
    • Paramba'
    • Pamiring
    3 jenis kain diatas adalah yang harganya lumayan murah berkisar antara 300.000- 350.000/ lembar. panjang kain 70cm X 3m
    Gambar : Kain Pamiring


    • Pa'bintik
    Jenis Kain ini mempunyai ukuran yang sama, harganya berkisaar antara 600.000 - 650.000/ lembar, untuk motif silahkaan lihat gambar di bawah ini 







    • Paruki'
    Kain Jenis Paruki'  adalah kain yang harganya lumayan tinggi berkisar antara 1.200.000 - 2.000.000, mengapa demikian karena proses pembuatan yang rumit dan motif yang di gunakan juga berbagai jenis. 
    Gambar : kain Paruki'.




     Na apa yang membedahkan antara Tenun Toraja dan Kain lain:
    1.  Jenis Benang yang digunakan 
    2. cara produksi jelas berbeda karena kain lain menggunakan mesin, tenun toraja itu masih tradisional.
    3. Jelas bahwa tannun Toraja itu lebih unik
    mungkin hanya itu sedikit perbedaan yang bisa saya simpulkan. dari segi harga memang kain Tenun Toraja jika dibandingkan dengan kain lain agak mahal, tetapi dari kualitas tidak di ragukan lagi. 

    nah, bagi yang masih agak bingung untuk menjahit atau ukuran, sedikit saya berikan bocoran, 1 lembar kain bisa menghasilkaan 1 pasang baju toraja untuk perempuan ( Baju, dodo, dan Sepu' ). untuk laki-laki 1 pasang baju ( jas, dodo ) menggunakan 2 lembar kain. 
    semoga bermanfaat.
    sayangi lah produk sendiri, agar menjadi Raja di Negeri Sendiri 
    Lusianus Sandi Pongratte


 

No comments:

Post a Comment